Kemenkes Belum Tarik Obat Lambung Ranitidin Meski Tercemar Pemicu Kanker

obat asam lambung ranitidin

topmetro.news – Pemerintah belum akan menarik obat asam lambung ranitidin dari peredaran umum. Sebelumnya, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) mengeluarkan edaran terkait cemaran n-Nitrosodimethylamine (NDMA) dalam sampel produk dengan bahan aktif ranitidin.

“Ranitidin akan tetap ditemukan di masyararakat. Namun kita terus berkoordinasi dengan BPOM yang melakukan pengujian pada ranitidin,” kata Direktur Farmasi dan alat Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Engko Sosialine Magdalene ditemui di lingkungan Kemenkes, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Minggu (6/10/2019).

Menurut Engko, pihaknya pasti akan diberi informasi jika ranitidin atau produk yang mengandung zat tersebut benar berbahaya. Selanjutnya, Kemenkes bisa menentukan langkah selanjutnya misal menarik atau menghentikan produksi obat tersebut.

Cemaran NDMA

Cemaran NDMA ditemukan organisasi pengawas obat dan makanan Amerika Food and Drug Administration (FDA) dan European Medicines Agency (EMA). BPOM menyarankan tenaga kesehatan berhati-hati jika meresepkan obat asam lambung ranitidin pada pasien. Pada saat ini tidak ada rekomendasi menghentikan terapi bagi pasien yang memerlukannya.

BACA | Agar Asam Lambung Tidak Naik, Ini Tips Tidur Setelah Sahur

Dikutip dari situs Agency for Toxic Substances and Disease Registry (ATSDR), paparan NDMA berisiko merusak fungsi hati. Beberapa sumber bahkan mengaitkannya dengan risiko kanker. NDMA bisa masuk ke dalam tubuh melalui udara, obat, dan makanan. Dampaknya bergantung pada cara terpapar, dosis, kebiasaan, dan adanya faktor kimia lain dalam tubuh.

sumber | detikHealth

Related posts

Leave a Comment